Mengenal Bahan Cat Dasar

MENGENAL BAHAN DASAR CAT

mengenal bahan dasar cat

Kreasi Karya Cipta - Cat adalah suatu cairan berwarna yang memiliki fungsi sebagai pelapis untuk memberi keindahan serta perlindungan pada permukaan. Pada umumnya, sifat cat memiliki daya rekat dan dapat menutupi permukaan dengan menampilkan warna yang beragam.

Banyak jenis cat yang sudah beredar. Mulai dari cat tembok, cat kayu, cat besi, cat semprot, sampai cat air. Memang cat sudah menjadi barang wajib untuk memberikan nuansa pada permukaan sutu ruangan.

Tapi, apakah bahan dasar pembuatan cat itu? Kali ini akan kami bahas untuk anda :

1. Binder

Binder adalah bahan dasar cat yang merupakan komponen pembentuk daya rekat pada permukaan atau objek yang akan dicat. Berdasarkan pembentukan lapisannya (film), binderdibagi menjadi beberapa jenis yaitu:
    • Solid thermoplastic/evaporation
    • Oksidasi
    • Katalis
    • Panas
    • Tipe emulsion

2. Solvent atau Thinner

Solvent atau yang bisa disebut Thinner merupakan cairan yang digunakan dalam industri cat untuk melarutkan dan membantu penguapan yang tidak menjadi bagian pada lapisan cat kering. Solvent memiliki fungsi, diantaranya:
    • Melarutkan dan/atau mengencerkan cat
    • Mengontrol waktu pengeringan
    • Mengatur tingkat kekentalan

3. Pigmen Warna

Pigmen warna adalah salah satu bahan baku dalam pembuatan cat yang digunakan sebagai pemberi warna pada cat. Pigment terlarut dalam cat dan tidak larut dalam binder. Komponen ini memiliki fungsi yaitu sebagai pembentuk keindahan warna, pelindung, serta fungsi spesial lainnya. Pigmen warna ini bisa berupa pasta maupun bubuk.
mengenal bahan dasar cat
Pigment Warna Cat

4. Additive

Additive berfungsi untuk memberikan atau memperbaiki sifat khusus yang dimiliki oleh binder, pigment, dan solvent. Misalnya untuk menghambat pertumbuhan bio-organisme di dalam produk jadi cat. Atau dengan kata lain, additive berfungsi sebagai pelindung cat dari bakteri.

Demikianlah pembahasan kami mengenai bahan dasar cat. Semoga informasi yang kami berikan dapat menambah pengetahuan anda.

Bagi anda yang sedang mencari bahan cat tembok yang berkualitas, anti bakteri dan harga bersahabat.. kami adalah solusi yang tepat untuk anda.

Mengapa harus memilih kami?

Karena kami menyediakan produk cat yang berkualitas dan ramah lingkungan. Kami juga memberikan garansi untuk customer kami, baik customer lama maupun customer baru. Serta harga yang kami tawarkan juga bersahabat dan sesuai dengan harga pasaran.

Kami adalah Kreasi Karya Cipta, selain menyediakan bahan cat kami juga menyediakan layanan jasa pengecatan gedung/rumah untuk anda. Jadi tunggu apa lagi? segera hubungi customer service kami sekarang juga dan dapatkan penawaran harga spesial dari kami. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Bahan Cat Dasar"

Posting Komentar